Februari 07, 2009

Belajar dari kelas 2 SMP Muh 7 Yk

Dua hari yang lalu secara kebetulan sekali saya bertemu dengan seorang anak bernama Iqbal, usianya 18th sekarang duduk di kelas 2 SMP Muhammadiyah Tujuh Yogyakarta (kotagede). Mulanya saya ke SMPM 7 hanya mau tukeran HP ama mas Budi (Trimuriana) namun sesampainya disana mas Budi langsung memperkenalkan Iqbal kepadaku.
" Bal...kenalin nih.. adiku, dia juga seneng maen internet marketing" ucapnya kepada siwa yang masih pakai seragam perguruan Tapak Suci, langsung kusodorkan jabat tangan sambul menyebutkan nama.
Percakapan mereka (mas Budi dan Iqbal) terus berlanjut sementara aku duduk disebelahnya sambil bongkar HP untuk ganti simcard.
"Bal...kamu kalo online jam berapa?" tanya mas Budi.
"Jam 12 malam" jawab iqbal.
"Kamu pake apa dirumah?" maksudnya koneksi internetnya.
"Aku pake RTRW.com"
"Nih.. aku tertarik ama kamu kabarnya kamu pinter internet marketing?"ujar mas Budi.
"Heh.. cuma iseng kok mas, tapi itu... " ucapanya terhenti karena ada temannya yang masuk ke ruangan pelatih saat itu.
"Kamu udah dapet apa aja dari Internet?"
"Aku udah dapet kartu debit dari .......(lupanamanya)... ama acount senilai 50$ dan...." pokoke banyak smpe aku nggak bisa ngingetnya.
"Emangnya kamu bikin apa di internet Bal...." kejar mas Budi penasaran rupanya.
"aku bikin webshite yang bergerak dalam bidang eksport import barang dari indonesia ke luar negeri" ...weh....aku dan mas budi tercengang.
"Yang kamu lakukan apa bal?"
"aku itu...baca buku di Gramedia lantia dua itu mas trus aku tulis kemudian aku post"
Sori....tak singkat ya.....
Jadi si Iqbal ini buat web di internet (iseng) trus dia hobi baca buku eksport import di gramedia trus di post di web dia, dia menulis mengenai harga barang sebelum naik ke kapal (ada istilahnya aku gak inget). Trus ternyata secara kebelutan ada buyer dari amerika yang menggunkan jasa dia mungkin sebagai konsultan kaliya... soalnya dia gak jualan barang. Dan sebagai bayarannya dia dikirim dollar amerika dan kartu debit yang hanya bisa digunakan di benua Amerika.
Namun sayangnya setelah beberapa lama si buyer ini meminta kejelasan website, alamt ditmbah lagi dengan faktor komunikasi yang menggunkan bahasa Inggris yang di akui Iqbal gak lancar akhirnya buyernya tersebut tak lagi menggunakan jasa dia.
Cerita lainnya ada buyer dari korea yang berniat meng import kerajinanperak dari indonesia yang secara serius menghubungi sampai telphone ke nomor rumah Iqbal dan sayangnya lagi karena waktu telephone ketahuan kalo yang namanya Iqbal tersebut adalah anak kelas 2 SMP buyernya tersebut mungkin kepercayaanya menurun hingga tak lagi menghubungi si Iqbal di kmudian harinya.
Pengetahuan dia mengenai dunia bisnis sungguh mencengangkan bahkan dia bisa mengetahui sedetail harga dan komoditas eksport import dari indonesia dan ke luar negeri seperti halnya Turki sekalipun.
Ada ungkapan dia yang membakar semangat saya yaitu:
"Kenapa ya mas ternyata semakin kita berlama-lama kuliah maka keinginan kita untuk bergerak semakin lemah, trus ternyata sebagian besar sarjana di indonesia menjadi pekerja dari pada pemilik perusahaan ya mas, malah yang jadi pemilik perusahaan adalah para lulusan SMA atau para DO kuliah"

Beliau Iqbal ini setiap harinya suka sekali mbolos sekolah dan memilih sembunyi di toilet dari pada ikut pelajran di kelas apalagi matematika. menurut informasi dia sudah berpindah sekolah beberapa kali. Menempati rangking 17 dari 36 siswa.dan yang pasti ketika dia ditanya cita-citanya apa?
jawabnya tegas dan tak pernah berubah.

"Aku mau Jadi Pemilik Perusahaan"

email beliau
lamda55@yahoo.co.id (kalo gak ganti)

masih banyak yang nggak ketulis sekarang mungkin lain kali saya tulis lagi bahkan samapai bursa saham Hongkong si Iqbal ini hapal banget ketimbang pelajaran sekolahnya.....sungguh...dunia ini penuh dengan keajaiban.

"Ditulis asli oleh Kukuh Yuli Muriana"

Tri Muriana Budianto
Muriana Corp
email: jogjagrosir01@yahoo.co.id (Facebook)
YM : trimuriana
www.trimuriana.blogspot.com
http://murianamedia.blogspot.com/
081904140009

Tidak ada komentar: